Hukum Bacaan MAD & WAQAF Didalam AL-QUR'AN

 



Fajars-kaz.blogspot.com - ini merupakan post saya yang ke2 tentang ilmu alquran
HUKUM BACAAN MAD DAN WAQAF saya harap ini bisa membantu untuk
mempermudah mempelajari al-quran.  dan semoga mendapatkan hikmah dari apa yang dipelajari 
setelah kamu membaca ini


  
I. HUKUM BACAAN MAD

Mad  menurut bahasa berarti panjang . Menurut istilah ilmu tajwid  madadalah  bacaan panjang . Berikut ini akan dibahas macam-macam mad .

1.             Mad Thabi’i  (  مَدْ طَبِيعِي   )
Apabila ada alif  (   ا) terletak sesudah fathah atau ya’ sukun  (   ي) sesudah       kasrah  (  ―ِ) atau wau  (  و  ) sesudah dhammah (  ُ  ) maka dihukumi mad thabi’i .  Mad artinya panjang , thabi’i  artinya : biasa.
Cara membacanya harus sepanjang dua harakat atau disebut satu alif contoh :
                                                                                         كتَا بٌ -  يَقُوْلُ -  سمِيْعٌ   
2.             Mad Wajib Muttashil (   مَدْوَاجِبْ مُتَّصِلْ  )
            Apabila ada mad thabi’i bertemu dengan hamzah ( ء)didalam satu kalimat atau     kata. Cara membacanya wajib panjang sepanjang 5 harakat atau dua setengah kali mad thabi’i  ( dua setengah alif  ).
            Contoh :
    سَوَآءٌ -  جَآءَ -  جِيْءَ                                                                      
3.      Mad Jaiz Munfashil (  مَدْجَائِزمُنْفَصِلْ)
Apabila ada mad thabi’i  bertemu dengan hamzah (ء  ) tetapi hamzah itu dilain       kalimat . Jaiz artinya : boleh . Munfashil artinya  terpisah .
Cara membacanya boleh seperti mad wajib muttashil, dan boleh seperti mad thobi’isaja .
Contoh  :   وَﻻَأنْتُمْ     بِمَا أُنْزِلَ       
4.             Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi  (    مَدْﻻَزِمْ مُثَقَّلْ كِلْمِي )
Apabila ada mad thabi’i bertemu dengan tasydid di dalam satu perkataan, maka cara membacanya harus panjang selama 3 kali Mad Thabi’i atau 6 harakat.
Contoh :    وَﻻَالضَّآلِّينَ     اَلصّاخَةُ         

5.             Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi  (    مَدْﻻَزِمْ مُخَفَّف  كِلْمِي  )
Apabila ada mad thobi’I bertemu dengan huruf mati (sukun), maka cara membacanya sepanjang 6 harakat .
Contoh  آﻻَن   

6.             Mad Layyin   (مَدْ لَين  )
Apabila ada wau sukun (  و   ) atau ya’ sukun (  ي  ) sedang huruf sebelumnya yaitu berharakat fathah, maka cara membacanya sekedar lunak dan lemas .
Contoh :   رَيْبٌ     خَوْفٌ    

7.             Mad  ‘Aridl  Lissukun   (  مَدْ عارِضْ لِلسُّكوُنِ  )
Apabila ada waqaf  atau tempat pemberhentian membaca sedang sebelum waqaf itu       ada Mad Thobi’i atau Mad Lein, maka cara membacanya ada 3 macam :
a.  Yang lebih utama  dibaca panjang seperti mad wajib muttashil  ( 6 harakat ).
b.  Yang pertengahan dibaca empat harakat ya’ni du kali mad thobi’i..
c.  Yang pendek ya’ni boleh hanya dibaca seperti mad thobi’i biasa .
Contoh  :   بَصِيْرٌ      خَالِدُوْنَ     والنَّاسِ           سَمِيْعٌ  

8.             Mad Shilah Qashirah    (   مَدْ صِلَة قَصِيْرَة  )
Apabila ada haa dhamir (   ) sedang sebelum haa tadi ada huruf hidup (berharakat), maka cara membacanya harus panjang seperti mad thobi’i.
Contoh  :    اِنَّهُ كَانَ     ﻻَشَرِيْك لَهُ  

9.             Mad Shilah Thawilah    (  مَدْ صِلَة طَََوِيْلَة  )
Apabila ada Mad Qashirah bertemu dengan hamzah ( ء), maka membacanya       seperti Mad Jaiz Munfashil .
Contoh :   عِنْدَهُ اِﻻَّبِاذْنِه     لَهُ اَخْلَدَهُ                    

10.         Mad ‘ Iwadl  (   مَدْ عِوَض   )
Apabila ada fathatain yang jatuh pada waqaf (pemberhentian) pada akhir kalimat,         maka cara membacanya seperti mad thobi’i.
Contoh  :  سَميْعًا بَصيْرًا     عَلِِيْمًا حَكِيمًا                      
11.         Mad Badal  ( مَدْ بَدَلْ  )
Yaitu apabila ada hamzah  (      ) bertemu dengan Mad , maka cara bacanya seperti        Mad Thobi’i.
Contoh :  آدَمَ     إيْماَنٌ        
Badal artinya ganti. Karena yang sebenarnya huruf mad yang ada tadi asalnya hamzah yang jatuh sukun kemudian diganti menjadi ya atau alif atau wau .
              آدَمَ          asalnya           أَأْدَمَ    
   ٳِِيْمَان      asalnya        ٳِِئْمَانٌ                                                                

12.         Mad Lazim Harfi Musyabba’  (   مَدْ لازِمْ حَرْفِ مُشَبَّع  )
Yaitu apabila pada permulaan surat dari Al-Qur’an terdapat salah satu atau lebih        Dari antara huruf yang delapan, ya’ni  
        ن  -  ق – ص – ع – س – ل – ك – م     , cara membacanya seperti
Mad Lazim  yaitu 6  harakat .

Contoh  : وَالقلَم           آلم     ن               يس

13.         Mad Lazim Harfi Mukhaffaf   (  مَدْ لازِم حَرفِ مُخَفَّف  )
Yaitu apabila ada permulaan surat dari Al-Qur’an ada terdapat salah satu atau        lebih dari antara huruf yang lima ya’ni  :
       ح – ي – ط - ﻫ - ر                     
Cara bacanya seperti mad thobi’i  Contoh :
      حم         الم          
14.         Mad Tamkien  (  مَدْ تَمْكِيْن  ) Yaitu :
Apabila ada ya’ sukun  (  يْ  ) yang didahului dengan ya’ yang bertasydid dan         harakatnya kasra, dan cara membacanya ditepatkan dengan t        
Contoh : النَبِيّيْنَ     حُييِّيْتُمْ          
15.         Mad Farq    (  مَدْ فَرْق  )
Yaitu bertemunya dua hamzah yang satu hamzah istifham dan yang kedua hamzah         washol pada lam alif ma’rifat, cara membacanya sepanjang 6 harakat .
        Contoh  :          قُلْ ءٰاﷲُ اذِنَ لَكُمْ          ءٰٰاﷲُخَيْرٌاَمّايُشْرِكُون    قُلْ ءٰٰالذَّكَرََيْنِ
HUKUM BACAAN WAQAF
A. Waqaf
            Waqaf adalah berhenti sejenak atau putus bunyi suara dan berganti nafas. Tempatnya di akhir kata. Keadaan huruf akhir kata ketika hendak di waqafkan ada enam:

1.       Yang berakhiran sukun, cara membacanya harus dibunyikan mati dengan terang menurut bacaan yang semestinya, apakah qolqolah atau tidak, dan sebagainya.
            Contoh :    لِرَبِّكَ وَنْحَرْ ,  لِيُرََوْااَعْمَالَهُمْ  , اِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ

2.       Yang berakhiran huruf berharakat fatha, dhommah atau dhommatain dan kasrah atau kasratain, cara membacanya harus dibaca mati/sukun .
Contoh :                                                                                             
            اِذَاوَقَبَ              dibacaاِذَاوَقَبْ                                                               
          فِى الْعُقُد          ِ           dibaca                        فِى الْعُقُدْ
          فِى تَضْلِيْلِ         dibaca                        فِى تَضْلِيْلِْ
3.       Yang berakhiran Ta' Marbutha (ة) membacanya harus dirubah menjadi Ha' sukun.
Contoh :           صُحُفًا مُّطَهَّرَةً    dibaca            صُحُفًا مُّطَهَّرَة ْ
                             دِيْنُ الْقَيِّمَةِ         dibaca            دِيْنُ الْقَيِّمَة  
4.       Yang berakhiran dengan huruf yang didahului huruf mati, dan setelah mematikan   huruf akhir, maka terdapatlah dua huruf mati, cara membacanya dibunyikan sepenuhnya   dengan menyuarakan setengah huruf yang terakhir dengan suara pendek.
Contoh :           وَالْفَتْحُ                  dibaca            وَالْفَتْحْ  huruf حdibaca setengah huruf                        بِالْهَزْل                   dibaca    بِالْهَزْلْ  huruf ل  dibaca setengah huruf

5.       Yang berakhiran huruf yang di dahului huruf mad atau mad Lien. Cara    membacanya dengan mematikan huruf terakhir dan dibaca panjang seperti Mad 'Arid Lissukun.
Contoh :          رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ                 dibaca              رَبِّ الْعَا لَمِيْنْ    
                             اِلَهِ النَّاسِ                      dibaca              اِلَهِ النَّاسْ
                             وَاَمِنُهُمْ مِنْ خَوْفٍ                      dibaca              وَاَمِنُهُمْ مِنْ خَوْفْ

6.       Yang berakhiran dengan huruf yang berharakat fathatain, membacanya dengan membunyikan menjadi fathah yang dibaca panjang dua harakat dan berubah menjadi Mad Iwadh. Contoh :
            جَزَاءً وِّفَاقًا        dibaca                 جَزَاءً وِّفَاقَا
            فَاَنْبَتْنَا فِيْهَاحَبًّا    dibaca                 فَاَنْبَتْنَا فِيْهَاحَبَّا

B. Saktah / Saktat
   Saktah/saktat ialah diam sejenak, biar putus dan pisah suaranya, dengan   tanpa berganti nafas (berhenti sejenak sekitar dua harakat dan tidak bernafas). Di dalam Al Qur'an ada 4 yang harus dibaca saktah, yaitu :
1.      Surat Al Muthofifin ayat 13                  كَلَّ بَلْ  رَانَ
2.      Surat Al Qiyamah ayat 27                    وَقِيْلَ مَنْ  رَاقٍ
3.      Surat Yasin ayat 52                             مِنْ مَرْقَدِنَا  هَذَا
4.      Surat Al Kahfi ayat 1                            وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهَ عِوَجًا  فِيْمًا

عِوَ جًا   dibaca              عِوَ جًا
بَلْ        dan                  مَنْ        dibaca idzhar / jelas

C. Tanda-Tanda Waqaf

No
Tanda Waqaf
Keterangan
1.
Waqaf lazim ( Harus berhenti )
2.
ط
Waqaf Muthlaq ( lebih baik berhenti )
3.
ج
Waqaf Jaiz ( boleh berhenti, boleh terus  )
4.
ز
Waqaf Mujawwaz ( boleh berhenti, terus lebih utama )
5.
ص
Waqaf Murokh-khosh (boleh waqaf/berhenti,karena waqaf berikutnya terlalu jauh, terus lebih utama)
6.
قف
Waqaf Mustahab (lebih baik waqaf)
7.
لا
La waqfa fihi (bukan tempat waqaf), jika di akhir ayat  sebaiknya berhenti .
8.
صلى
Al Washlu Aula ( dibaca terus lebih utama)
9.

Waqaf Mu'anaqoh (boleh berhenti di salah satu tanda tersebut)
10.
Waqaf Sima'ie yaitu tempat waqaf nabi, waqaf ghuffron dan waqaf Munzal (waqaf jibril). Sangat baik sekali jika waqaf /berhenti.
11.
ك
Kadzalik (sama tanda waqaf sebelumnya)
12.
قلى
Al Waqfu Aula (berhenti lebih utama)
13.
ق
Qila Fihil Waqfu (ada yang mengatakan boleh waqaf, dibaca terus lebih utama)
14.
ع
Ruku' (tanda pembagian berhenti setiap hari untuk orang yang ingin membaca atau menghafal Al Qur'an dalam jangka 2 tahun)



 

Lebih baru Lebih lama